silverlight, flash, svg

Silverlight, Pertama kali saya mendengar produk baru dari microsoft ini masih gak terlalu ngeh. Tapi pas saya dengar silverlight itu jadi pesaing flash, ternyata rencana microsoft membawa wpf bersama .net terus melaju.  Microsoft memang pingin tetep nomor 1.

Pertama kali saya mendengar WPF (windows presentation foundation) waktu micrsoft mengadakan acara seminar super code heroes, dimana dengan wpf ini desain form akan lebih mudah. Seorang graphic designer bisa membuat interface di software designnya seperti corel draw misalkan, kemudian hasilnya langsung menjadi form di visual studio.  Syntax wpf sendiri dibangun berdasarkan struktur xml.  Jadi kalo dipikir- pikir ternyata wpf ini bisa jadi meniru konsep svg (atau mungkin malah sebaliknya). 

Strategi microsoft tidak cukup hanya sampai mengembangkan wpf untuk interface saja tapi juga wpf dikembangkan hingga bisa mendukung multimedia seprti halnya flash. Dengan menawarkan keunggulan dan kemudahannya wpf dikemas oleh aplikasi silverlight yang mendukung segudang fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan flash dan svg.

Untuk melihat contoh dan hasilnya lihat di http://silverlight.net/community/gallerydetail.aspx?cat=3&sort=2#vid90, kita lihat saja dukungan ke wpf ini sejauh mana dan apakah wpf bisa menggeser svg, atau silver light menggeser flash. Kalo ada yang lebih tau lebih jauh saya tunggu tanggapannya.

11 Comments, RSS

  1. pupungbp September 7, 2007 @ 9:18 am

    Flash dan SVG sudah sedemikian dikenal, saya kira kedua produk itu bakal berusaha tetap diepertahankan oleh Adobe. WPF itu sebagai tindakan “balas dendam” karena Microsoft gagal mengakuisisi Macromedia. Selanjutnya? tentu sudah bisa ditebak, WPF akan ikut dibenamkan di OS buatan microsoft :D….

  2. admin September 7, 2007 @ 10:18 am

    + format yang diperkenalkan oleh microsoft di WPF adalah WVG/XAML inilah format file yang saya lihat karena basisnya xml jadi mirip. Terus Adobe SVGviewer akan berakhir alias tidak akan dilanjutkan keberadaannya ( http://www.adobe.com/svg/eol.html ) mungkin karena browser akan mengadopsi svg menjadi bagian internal. Dan ada pendapat yang sedikit kurangnyaman dari salah seorang penulis buku svg (http://www.svgopen.org/2005/papers/SVGandXAML/index.html).

  3. nino September 11, 2007 @ 4:10 pm

    maaf OOT … lam kenal from nino lama gak berjumpa nih

  4. admin September 11, 2007 @ 4:47 pm

    nino? yang di sma atau di kuliah?

  5. Harian November 21, 2007 @ 5:08 am

    Hmm..
    info menarik ini mas.

    apa flash akan tinggal diam?

  6. admin November 21, 2007 @ 12:05 pm

    sekarang flash di pegang oleh adobe, mungkin akan ngasih support ke svg atau bahkan xaml

  7. adi April 14, 2008 @ 10:12 am

    silverlight sebenarnya tidak untuk menyaingi flash. utamanya silverlight untuk kebutuhan IRA yg sebaiknya dibandingkan dng AJAX. bayangkan kalau keluarga.net tanpa support IRA. jadi konskwensinya cukup logis.

  8. abi May 2, 2008 @ 1:52 pm

    bedanya flash n svg apa ya…?

  9. admin May 3, 2008 @ 10:10 am

    SVG jika disetarakan tepatnya dgn xaml (silverlight), dibangun berdasarkan format XML, sedangkan flash lebih dlm format binary, anggap saja svg adalah suplemen grafis untuk web dg kemudahan seperti html

  10. marcell October 20, 2010 @ 10:58 pm

    ngaruh ga sih pake silverlight ini?
    atau sebaiknya mempertahankan Flash dalam sebuah Firefox add ON?

  11. pakdhe October 27, 2010 @ 12:07 pm

    saya sedang nyari apa itu silverlight.. eh ketemu disini. tapi example nya nggak bisa di access? napa Om?
    pengen liat, apa bisa seunggul webpublication.eu yaks.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*