Reunian para pendiri Pentatika

Sabtu (18 agustus 2007) yang lalu  diadakan pertemuan dadakan para pencetus pentatika. Idenya datang dari iwan yang pingin ketemuan sama anak-anak. Meskipun tidak semua hadir tapi paling tidak pertemuan kemarin cukup berkesan dan memberikan gairah semangat berbisnis di dunia IT.

Sejarah berdirinya Pentatika bermula dari ide mimpinya anak-anak kuliahan if di dago4 angkatan 95,  mulai kumpul-kumpul buat bikin sebuah workteam , dan sekitar tahun 99 atas ide eka surachman,saya,komang , bagja dan komang muncul nama pentatika yang namanya dilatarbelakangi oleh pentagon (eka) dan akhirnya jadilah sebuah nama pentatika yang ketok palu oleh komang.

Dari situ mulailah anak-anak yang sebagian melanjutkan perkuliahan di ekstensi komputer dago4 mencari pasar.  Memang awal-awal misi dan target nya masih jauh dari dunia bisnis, dan datanglah dito dan yosapat ikut bergabung. Dari sini mulai tergambar celah bisnis yang lebih luas.

Pertama kali pentatika punya kantor resmi di titiran barengan basecomp. Selanjutnya proyek perlahan-lahan terus masuk, dan beberapa tim mengalami masuk dan keluar, dimulai oleh bagja, eka , iwan dan komang. Pasar  proyek pentatika beralih ke jakarta oleh yos, dengan masuk dan keluarnya anggota tim seperti oki baehaqi, rafly, ado dll.

Dan akhirnya pentatika sempat hampir mati karena masing- masing anggota tim mulai melepaskan diri dan sibuk dengan pekerjaannya yang lebih stabil.  Selama itu pentatika terus dipegang yos dan saya dan iwan sempat masuk kembali.  Ada yang berbeda dengan yang lain yos memutuskan untuk 100% berbisnis dibawah pentatika. Sedangkan yang lain memutuskan untuk mundur dan memilih pekerjaan yang lain.

Pentatika saat ini telah menjadi perusahaan IT, dengan konsep outsource, menjadikan pentatika tetap exists dan berdiri. Masih ingat ketika pentatika mendapatkan proyek outsource dari agrakom, raxindo, mweb, indoexchange dll.

Saat ini pentatika masih dipegang oleh yos, iwan sibuk di xybase (perusahaan it malaysia), eka masuk ke bagian teknologi informasi dan komunikasi up, komang jadi dosen di udayana, bagja wiraswasta non it, saya dan dito di unpad tercinta.

Reunian membuat semangat baru buat tetap berkarya di dunia IT, meskipun pentatika hanya masih sebatas sebuah perusahaan mimpi, tapi bagi yos pentatika telah menjadi perusahaan nyata. Selamat buat Yos yang telah menjadikan pentatika menjadi real company.

2 Comments, RSS

  1. efrie September 30, 2011 @ 2:45 am

    Juragan,

    kumaha euy..
    hebat !! top lah pokok nya
    semangat dan sukses ya

    salam

    efrie

    • admin October 6, 2011 @ 1:00 pm

      😀 datang ke unpad tapi gak bersapa, kayaknya pada bingung dan ragu kita sudah berubah hehe salam kembali mas efrie

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*