Terlambatnya menjadi seorang Pranata Komputer

Sudah dua tahun kurang lebih saya mengabdi sebagai PNS di Unpad ini, tugas dan fungsi saya di bidang Teknologi Informasi membuat pekerjaan gak pernah beres- beres. Kalo ditanya apa yang sudah saya perbuat, harus saya jawab dengan jujur, tidak ada. Hingga saat ini carut marut dapur IT di sini memang belum terlihat tanda-tanda akan memperlihatkan membaik.

Untuk beberapa atasan ada yang melihat bahwa IT memang perlu dihargai lebih ada juga yang masih menganggap programmer gak ada bedanya dengan pekerjaan ngetik di MS word. Isu pranata komputer sudah lama dinanti-nanti para dapur IT, namun saya baru denger beberapa mniggu yang lalu, katanya jabatan fungsional pranata komputer mau digulirkan, tidak ada kata terlambat untuk lebih menghargai orang IT di instansi pemerintahan.

Di Unpad sendiri orang ITnya banyak juga yang jago-jago (mungkin jago bisnis 😉 ), tapi gara-gara didalam sendiri gak pernah akur, jadinya disalurkan ditempat lain. Tapi mudah- mudahan tahun depan peraturan mengnai pranata komputer tidak terus hanya sebatas rencana dan rencana, sehingga para jago IT perguruan tinggi agak sedikit dihargai dan diakui keberadaanya, meskipun jika dilihat dari besar tunjangannya mungkin masih jauh dari harapan, paling tidak pemerintah sudah memikirkan bahwa sudah saatnya orang IT dihargai setara pustakawan atau laboran.

55 Comments, RSS

  1. roffi August 21, 2007 @ 4:47 pm

    Semoga pekerjaannya makin sukses aja deh

  2. ishakq August 28, 2007 @ 4:51 pm

    Nasib saya lebih parah, walaupun sama-sama di bidang IT. Saya masih honorer…. hiks…

  3. pupungbp August 31, 2007 @ 9:14 am

    @ishakq: Wah apalagi saya? Seorang pengangguran yang keluyuran di kantor orang…..

  4. admin September 4, 2007 @ 9:31 am

    tenang, tenang.. meskipun honorer atau volunteer, mudah -mudahan jadi honorer mapan 🙂 atau volunteer mapan

  5. Tutut September 4, 2007 @ 10:56 am

    Tul tuh..saya juga baru mengalami, lenih kurang 1 tahun jadi pns (tapi gue nggak mengabdi lho..) waktu masuk kirain kerjanya berurusan dengan It eh…tal tahunya cuma jadi tukang ketik SK. nasip nasip padahal dah bertahun kerja di swasta tak pernah ketik surat sekalipun.

  6. kangade September 6, 2007 @ 7:11 am

    wilujeng ….. ka para ahli IT di Unpad, kaayaan masalah IT di Unpad teh memang rada riweuh tapi eta teh tantangan kanggo wargi sadaya salaku ahlina di bidang IT, para petinggi Unpad teh sanes teu peduli ka wargi sadaya salaku ahli IT, nanging panginten teu acan sadaya petinggi Unpad wanoh pisan naon anu di sebat IT sareng kumaha kagunaanana teh tah ku kituna sok atuh para petinggi teh pasihan pencerahan anu langkung jelas dina widang IT upami peryogi sok damel blue print unpad dina sisi IT na, kedah kumaha atuh IT unpad ayeuna sareng kapayunna, da nu ka uninga ku sim kuring mah IT di Unpad mah mung di jantenkeun “proyek”, teras naon atuh fungsi na PNS Unpad teh upami nungguan wae “proyek” mah, isin teuing atuh urang di gaji unggal bulan teh (resiko ari jadi PNS mah). Mangga … Hidup IT UNPAD

  7. pupungbp September 7, 2007 @ 9:14 am

    @Admin: Saya pasti sukses !!!
    @Tutut: Mungkin jalannya sudah begitu 😀 Takdir… Tapi biar gitu-gitu juga kan PNS, mimpi sebagian besar warga Indonesia.

  8. windi September 28, 2007 @ 1:00 pm

    sabar yack bos………

  9. Iden October 3, 2007 @ 10:43 am

    Memang benar, saya juga seorang PNS yang sebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan-perusahaan swasta yang selalu ditempatkan di bagian IT sesuai dengan ijazah yang saya miliki.
    Tapi sekarang saya seorang PNS yang SK-nya untuk bagian IT, tetapi kenyataannya kerja hanya ngetik dan ngetik saja.
    Sayapun mengharapkan bahwa di pemerintahan kita jabatan fungsional untuk Pranata Komputer segera digulirkan ke instansi-instansi pemerintah.
    Harus kemana kita mendaftarkan diri untuk menjadi Pranata Komputer ? ….Lieur ah

  10. iden October 3, 2007 @ 10:48 am

    Sayapun seorang PNS sudah 5 tahun. Saya sangat berharap untuk menjadi Pranata Komputer. Kalau ada pendaftaran untuk Pranata komputer kasih tahu saya yah kawan ?

  11. edi October 3, 2007 @ 10:51 am

    Betul teman-teman, memang sudah saatnya profesi IT dihargai di instansi-instansi pemerintah. Untuk itu saya berharap agar jabatan fungsional segera digulirkan di instansi-instansi pemerintah.

  12. werdy October 14, 2007 @ 9:53 pm

    Hmm…Memang Sperti itu nyatanya….
    klo kata saya mah emng Pihak RekTOR Yg ga ngrti Tentang Dunia IT jadinya mereka ga pernah meduliin Orang IT di UNPAD…
    terbukti dari Kampus saya yg tidak di DUkung Fasilitas IT yg memadai….
    internet aja mash bnyak yg Ga Enak…
    apalagi yg lain..he3x…
    in mah my opinion aja…

  13. werdy October 14, 2007 @ 9:54 pm

    Maaf yah terbawa EMOsi..

  14. agus November 9, 2007 @ 9:42 am

    sepertinya bukan hanya di unpad yang seperti itu, mgk dsemua instansi pemerintah spt itu. sy pns di upi, bertahun2 jadi programmer.. pas masuk pns eh sm dg rekan2 semua hny jd tukang ketik surat, proposal, SK, MoU… yah…begitulah….mgk byk org2 yg tdk tau apa/bgmn IT itu..atau mungkin….memang tidak ada profesionalisme dlm pns(?) 🙂 duka tah upami kitu mah..

  15. assep November 13, 2007 @ 11:04 am

    sudah bisa kok
    di usulkan saja melelaui lembaga
    kemudian lembaga akan terusin ke bps

    saya juga baru akan

  16. admin November 21, 2007 @ 1:24 pm

    iya betul, saya juga sedang memprosesnya, mudah2an bisa cepat beres , maklum proses administrasinya lumayan

  17. agus December 4, 2007 @ 4:21 pm

    gimana prosedurenya mengusulkannya?
    ada juklaknya?

  18. Tutang December 11, 2007 @ 10:06 pm

    Nggak terlambat mas. Saya sendiri sekarang masih sebagai pranata komputer, dari tahun 1991 – sekarang. Jabatan terakhir Pranata Komputer Madya – IV/c

  19. fxekobudi December 14, 2007 @ 7:19 pm

    Salam kenal Mas Arif… Saya sendiri mempunyai mimpi besar menjadi Pranata Komputer… Saya juga memiliki impian bahwa IT menjadi alat bantu yang baik bagi pelaksanaan Pemerintahan. Tetap semangat ya Mas.

  20. Suardi February 12, 2008 @ 2:30 pm

    Ass.wr.wb.
    Halo mas arif dan salam prakom untuk mas tutang,
    ternyata keinginan besar rekan2 disini perlu kita organisir dan kemudian kita minta kepada yang berwenang untuk melakukan sosialisasi secara besar-besaran terhadap perlunya PRANATA KOMPUTER ada di suatu intansi atau lembaga, bagaimana? saya kira pak Tutang bisa jadi mediatornya okey ?
    kami tunggu …………………….

  21. Taufik February 19, 2008 @ 8:42 am

    Untuk jadi pranata gampang2 susah, gampangnya kalau kita mau dan suka inisiatif pasti ada jalan susahnya ya birokrasi dari lembaga nya yang sulit. saya dari UNEJ baru saya sendiri yang sudah pranata teman2 lain masih dalam proses. Jadi untuk mas arif jangan patah semangat kejar impian jadi pranata agar ilmu IT anda nggak ilang.

  22. Tutang February 19, 2008 @ 9:21 pm

    Wah rame juga tuh. Kebetulan anak saya juga kuliah di UNPAD nih, hehehe.

    O.. ya menjadi pranata komputer banyak sukanya tuh, asal kita serius. Untuk menjadi PK memang awalnya tidak mudah, harus mengumpulkan angka kredit. Tapi kalau pendidikan terakhirnya TI atau MI, atau SI, pokoknya komputer begitu jauh lebih mudah. Karema ijasah dinilai 100, jadi kalau masih III/a udah cukup tuh untuk menjadi PK.

    Untuk jelasnya bisa mengunjungi website ini:
    http://www.pranata.lipi.go.id (moderatornya saya)
    atau ke http://prakom.bps.go.id

    Salam buat semua. Buat teman2 di UNPAD titip anak saya namanya Fajar SA, sekarang masuk semester VI, FIKOM. Malum dia Kos di Jatinangor.
    Salam untuk semua

  23. dedi March 6, 2008 @ 12:36 pm

    pak Tutang, sebaiknya ada milis untuk PNS calon dan yang sudah Pranata Komputer. Saya juga banyak pertanyaan tentang hal ini.

  24. Tutang March 26, 2008 @ 10:35 pm

    Sip lah bos. Sudah ada, coba join ke http://pranata.lipi.go.id

  25. Susan April 28, 2008 @ 2:48 pm

    Kalo saya justru sebaliknya, saya D-3 Komputer dan sejak lulus nggak pernah kerja di IT. Saya jadi takut untuk masuk fungsional. Gimana nih, sementara saya ketika ikut test masuk CPNS sudah disediakan formasi Fungsional Calon Pranata Komputer.
    Saya takut gak nggak bisa memenuhi angka kredit.
    Saya bekerja di bagian Penyiapan rencana (Bidang Program), cocoknya mah, ikut fungsional perencana tapi syarat minimal untuk ikut fungsional perencana adalah S1. 🙁
    Ada masukan untuk saya ?

  26. admin April 28, 2008 @ 5:44 pm

    @susan : jangan takut gak kekejar, kalo saya pelajari poinnya cukup banyak, dari mulai entri data, backup data, buat program kecil, update data di web juga sudah masuk angka kredit.

  27. Rafnis May 27, 2008 @ 4:26 pm

    Ass..
    Saya di unand Mas udah 6 taon.. tp msh isu aja PK ini, gmn jln keluarnya ya? Bukankah Se nya dah keluar..?? Saya gak mau neh jd tukang ngetik doang

  28. Tutang June 20, 2008 @ 10:10 am

    Saya sebenarnya ingin mengadakan sosialisasi, di Bandung atau mana saja. Asal teman-teman siap.

  29. anugraha August 27, 2008 @ 4:20 pm

    klo tdk salah p’tutang ini satu2nya prakom golongan IV/c di indonesia ya.. p’tutang sy ada pertanyaan,apabila prakom bekerja pada suatu unit kerja yang lingkungan/org2 (termasuk atasan) disekitar bukan org yg mengerti prakom apakah kita bisa melaksanan fungsi kita sebagai prakom? bagaimana klo kita malah disuruh2 mengerjakan administrasi oleh atasan kita? maklum klo di birokrasi kan senioritasnya sangat kental sekali.kadang pekerjaan kita sendiri terlantar karena sibuk mengerjakan perintah atasan, yang sebenarnya bukan garapan kita. bagaimana menurut pengalaman p’tutang dalam kasus seperti ini?

  30. Kang Ona September 10, 2008 @ 11:33 am

    Awalnya saya freelance di sebuah instansi penelitian , membangun database. Alhamdulillah saat itu penghasilannya lumayan.
    Saat ini saya masuk sebagai pegawai honorer di instansi tsb, tapi masih jauh dari yang diharapkan, baik dari sisi pekerjaan maupun penghasilan.
    Walaupun slot untuk honorer jadi rebutan, tapi bagi saya ini belum merupakan sebuah keberhasilan.
    Karena saya pernah bekerja di swasta selama 4 tahun, dihati saya ada perasaan tidak sabar dan masih ragu-ragu apakah akan saya lanjutkan pekerjaan saya disini atau kembali mengembara di alam swasta. Usia saya 26 tahun. Mohon pencerahan.. dari someone yg lagi bimbang.

  31. Tutang October 8, 2008 @ 12:49 pm

    Tugas utama PRAKOM ya harus ditugaskan seara penuh di unit komputer atau bagian yang membidangi komputer. Namun demikian bisa juga asal ada surat tugas dari atasan

  32. Tutang June 25, 2009 @ 11:45 pm

    Sidang untuk PK tahunini Januari 2009 dan Juli 2009. Jadi bagi yang mengusulkan untuk penilaian Juli 2009 segera.

  33. kurnia July 20, 2009 @ 3:45 am

    bersyukurlah saya,
    sekarang Pranata Komputer sudah ada dalam struktural PNS
    saat ini saya juga masuk di BPS via jalur pranata komputer

    btw, milis prakomnya masih ada mas arif?
    boleh tahu apa alamatnya….

  34. Arif Rahsia Gumelar July 23, 2009 @ 7:53 pm

    Pak Tutang saya CPNS lulus Formasi Pranata Komputer di Pemerintah Kota Pontianak, apakah saya otomatis Jabatan Fungsional Pranata Komputer atau harus mengajukan?

  35. gugum July 26, 2009 @ 8:54 pm

    saya cpns formasi Pranata Komputer di pemkot Pontianak, tp koq waktu bimtek sampai sekarang engga ada yang ngasi tau yah kalo Pranata Komputer itu Jabatan Fungsional, waktu bimtek lalu cuman dibilang yang fungsional cuman guru dan perawat, sebagai CPNS pranata komputer apakah saya ini otomatis jabatan fungsional atau harus mengajukan terlebih dahulu?

  36. Yunus October 27, 2009 @ 10:21 am

    Lebih parah lagi di Padang. saya dari SK jabatan saya sebagai Teknisi. tapi para pimpinan menyebut saya tenaga administrasi. Tapi kerjaan saya melebihi dari kemampuan yang saya miliki. Ketiban saya dapat jabatan sedikit. langsung di mutasi. nasibb… padahal kalau orang komputer nyeleweng dikit. bisa hancur dunia.. tapi kenapa pimpinan selalu menganggap rendah orang IT..

  37. yunita_h November 26, 2009 @ 6:51 pm

    saya malah bingung. saya lulusan IT, tapi gk pernah bekerja sebagai IT. kadang saya mau melamar IT pun kadang saya jadi takut , takut saya gk bisa lagi melakukan tugas seorang IT teratama dalam membuat program baru atau mengembangkan yg sudah ada karena sudah lama gk bersentuhan lagi dengan program.hampir 5 tahun. nah klo saya diterima jadi CPNS ataupun CPNSD sebagai teknisi pranata komputer, apakah ketakutan ini akan terjadi?
    apa sih sebenarnya yang terjadi ketika sudah diterima jadi CPNS dengan jabatan prakom ini?dulu saya waktu kuliah lumayan encer otaknya tapi takut dengan program krn gk bisa.
    mohon bantuanya teman teman berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan saya

  38. ssseeettyyyaaa January 24, 2010 @ 10:58 pm

    saya cpns di direktorat jenderal…dan dalam formasi pranata komputer…apa perbedaan di lingkungan direktorat jenderal dengan yang lainya?

  39. Yuli_N February 16, 2010 @ 9:09 pm

    Saya CPNS di salah satu kabupaten di prov. Bengkulu untuk formasi Pranata Komputer.. Jujur saja, ada kegamangan dalam hati dengan tugas ini.. Karena saya merasa ilmu yang saja dapat di Kampus belum memadai untuk saya menyandang gelar S. Kom.. Saya takut jika saya tidak bisa memberikan sebuah terobosan atau kemajuan pada instansi tempat saya bekerja nantinya..
    Saya sangat mengharapkan bantuan dari dari teman2 semua, agar mau berbagi ilmu dan pengalaman dengan saya.. Saya ingin belajar lebih banyak lagi tentang IT dan dimana saya bisa mendapatkan buku atau situs apa yg harus saya browse..??
    Help me, please..

  40. budhy May 12, 2010 @ 9:45 am

    mas, punya gak peraturan pemerintah tentang angka kredit komputer.tp, tahunnya tahun yang terbaru ? Jk ad, tolong dikirim di email saya ya…terimakasih sebelum nya…^_^…..

  41. irna June 16, 2010 @ 8:51 pm

    sebenarnya kerjaan pranata komputer itu apa si??
    binggung saya….
    terkadang merasa tidak dihargai dgn gelar S.kom yg didapat dgn susah payah dgn kerjaan sbgai pns pranata komputer….
    karna kerjaannya kaya TU aja

  42. Findra September 14, 2010 @ 9:18 am

    Sebaiknya pemerintah harus tahu bahwa fungsi Pranata komputer lebih penting, lihat saja, apa yang sekarang kita lakukan pastilah dikerjakan dengan komputer

  43. Tutang October 5, 2010 @ 11:02 am

    Lulusan D3, S1, S2 atau S3 Komputer nemang salah satu pekerjaannya adalah Pranata Komputer. Namun jika memungkinkan bisa juga menjadi Peneliti bidang IT atau Perekayasa. Tetapi saya menyarankan Pranata Komputer adalah pilihan terbaik.

    Hanya saja, untuk saat ini memang tidak semua pejabat struktural dilingkungan Dep atau Non Dep mengerti tugas PK. Umumnya mereka menyamakan PK sama dengan tukang ketik atau teknisi komputer.

    Kalau cuma bisa mngetik atau memasang RAm atau Harddisk, saya kira ngapai sekolah komputer udah aja ikut kursus ya. Hehehe

  44. betha October 14, 2010 @ 4:24 pm

    @yunita : waah, nasib kita sama mba, saya lulusan IT, sekarang bekerja sebagai staf marketing diperusahan swasta… bingung saya, keluar masuk kerja ngga pernah sesuai dengan kelulusan, tapi saya juga memiliki kekhawatiran cz udah lama ngga bersinggungan dengan It (yang didapat dibangku kuliah) khawatir ketika masuk instansi dan ditempatkan di bagian yang sesuai dengan jurusan saya, saya malah jadi kagok… hehee…
    yaah intinya jalani sajalah… n hadapi yang ada… ^^

  45. sastro January 1, 2011 @ 10:44 pm

    elek tenan nak ngono kui karane gaean pranata komputer kui, wes ramemper podo TU nok piye,,,,,,,,,

  46. pns-IT June 20, 2011 @ 5:31 pm

    Sama saya juga pegen banget jadi Prakom (Pranata Komputer) tapi gimana ya… saya basic Civil engineering, tapi sekarang bertugas di Bagiaan PDE, n sesuai hobi, ngoprek2 kompie. Tapi bisa ga ya.. dg basic pendidkan yg bukan di IT?

  47. rahmat June 25, 2011 @ 12:15 pm

    salam prakom untuk semua… kalau boleh tau dari universitas2 mana yang telah aktif pranata komputernya… kami dari politeknik negeri padang baru mengusulkan prakom tersebut untuk 11 orang dimana 5 orang untuk tingkat prakom ahli dan 6 orang untuk prakom terampil.

    terima kasih

  48. Lapas August 4, 2011 @ 1:02 am

    Mas & mbak para sepuh,.. 🙂

    Pengen nanya nih, Saya PNS masih golongan II/B di Lembaga Pemasyarakatan.. Izin kuliah saya sudah keluar untuk jurusan Sistem Informasi (Memang Sengaja Tidak Mengambil Jurusan Hukum karena lebih Berminat Ke IT dan berharap bisa mendapatkan posisi PRAKOM)

    Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah ada kemungkinan bagi PNS Golongan II (yang memiliki SK “BUKAN sebagai staf IT” ) untuk kemudian menjadi Pranata Komputer Setelah melakukan penyesuaian ijazah S-I (komputer) ?

    Kalau memang bisa/ memungkinkan, kira kira jalur/ proses apakah yang harus dilalui, apakah melalui tahapan ujian, atau lain lain …

    Mohon Pencerahannya Mas & Mbak… Trims ..

  49. adyxtr December 21, 2011 @ 12:28 am

    Pak Tutang.. SK saya adalah Pranata Komputer golongan IIc di Pemkab. Klaten, tetapi masuk dalam Struktural dalam instansi saya, yang ingin saya tanyakan apakah Pranata Komputer PNSD memang masuk dalam Struktural? sedangkan menurut pasal 3 Kemenpan 66 tahun 2003 menyebutkan bahwa Pranata Komputer adalah Pejabat Fungsional, apakah kemenpan tersebut hanya berlaku bagi PNS Pusat? tidak berlaku bagi PNS Daerah Kabupaten/Kota?

  50. seriall February 17, 2012 @ 6:24 pm

    kalo mau tau ada lowongan pns dimana tuh kasih linknya donk

  51. IT April 18, 2013 @ 10:12 am

    Saya juga kerja PNS di IT malah belum di singgung sama sekali, ya drpd menunggu tak pasti mendingan jadi “TRADER” aja…

  52. yuliana August 30, 2013 @ 9:19 am

    Hmmm.. Saya lulusan S1 komputer, tp saya bkn org yg begitu pintar membuat program.. Lantas bila ada penerimaan CPNS sbgai pranata komputer.. Saya pantas tidak yaa? Sementara saya mahasisiwi yg blum punya pengalaman kerja sm sekali..mohon masukannya…:(

  53. syarif February 27, 2014 @ 7:29 pm

    .Yang mau tanya ttg prakom, silahkan diskusi di pusdikat@bps.go.id

  54. syarif February 27, 2014 @ 7:30 pm

  55. slamet riyadhi January 20, 2015 @ 6:37 pm

    Hallo mas arif..memang perjuangan unt jafung prakom d perguruan tinggi tdk semudah dosen unt dpt fungsionalnya…saya dari politeknik negeri banjarmasin beserta 3 org teman yg lainnya dari th 2010 baru 1 oktober 2014 ini tembus jafungnya. Dan inipun prakom yg pertama di instansi kami. Itupun atas usaha kita sendiri mendptkan informasi beserta peraturan yg terkait tentang itu. Kemudian menyampaikan ke bagian kepegawaian kita masing2. Dari penyusunan dupak sampai berkas2 usulan kita sendiri yg susun. Sering2 lah kontak ke bps pusat. Bisa lewat prakom.bps.co.id. bps pusat akan memberikan informasi mengenai pengangkatan prakom…semangat ya mas…

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*