Hati – hati virus di komputer anda (bagian I)

Layanan internet di Unpad sangat lambat! , itulah kira-kira tanggapan sebagian besar pengguna internet di lingkungan kampus Unpad. Keluhan ini memang menjadi tantangan bagi tim pengelola jaringan komputer Unpad untuk terus bekerja keras agar layanan internet ini dapat dirasakan secara mudah dan cepat. Banyak faktor yang menyebabkan akses internet di jaringan unpad sangat lambat, mulai dari tidak seimbangnya antara besar bandwidth dengan jumlah komputer yang tersambung ke jaringan internet, letak kampus yang terpisah-pisah, cuaca (hujan dan angin) dan virus. Ada baiknya jika kita mencoba melihat salah satu faktor yang terkadang diabaikan oleh sebagian pengguna komputer di lingkungan unpad, yaitu Virus.

Apa itu virus komputer ?

Virus dalam teknologi keamanan komputer adalah sebuah program yang dapat memperbanyak dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyusup ke program atau file lain. Proses penyebarannya sendiri terus berkembang mengikuti teknologi yang berkembang pada saat itu. Banyak Istilah-istilah lain yang menggangu keamanan komputer dan jaringan selain virus komputer, seperti spyware, Trojan, adware dan lain-lain. Program – program tersebut sebenarnya sangat mengganggu kerja computer dan jaringan.

Bagaimana virus komputer menyebar

Virus computer tidak muncul dengan sendirinya, ada beberapa media yang menjadi penyebar virus diantaranya adalah media penyimpanan eksternal seperti disket, CD/DVD ROM, flash disk dan yang terakhir adalah jaringan (LAN dan Internet).
Proses penyebarannyapun beragam. Jika melalui media penyimpanan eksternal misalkan flashdisk, ketika kita tancapkan USB flash disk system windows otomatis akan mendeteksi flash disk tersebut dan akan memunculkan form konfirmasi apakah kita kan membuka explorer atau perintah buka foto, jalankan media player dan lain-lain, saat itu jika dalam flash disk ada file yang otomatis ikut tereksekusi akibat form konfirmasi ada kemunkinan virus ikut bekerja dan mencari drive komputer anda misalkan c:.
Selain itu ketika flashdisk dibuka menggunakan windows explorer, ada file-file yang seolah-olah file tersebut adalah file yang kita cari atau butuhkan, ketika kita buka file tersebut (misalkan file word dengan icon dan ekstensi seolah2 doc) dengan cara mendouble klik… ternyata file tersebut adalah virus yang menyamar.
Jika anda pernah mengalaminya , “welcome to the club!”

Bersambung..

10 Comments, RSS

  1. Ahmad Baehaqi June 4, 2007 @ 1:09 pm

    Itulah akibat dari pergaulan bebas, virus akan cepat menyebar. Solusinya setia pada pasangan kita, jangan pernah berpaling ke lain hati. Tapi masalahnya kita tidak mungkin setia pada satu pasangan saja (notebook atau pc kita saja), kita butuh yang lain, buat ngopy mp3, ngopy source terbaru….kumaha atuh ? Gunakan pengaman, selalu update antivirus anda, setuju ?

  2. uliviana June 12, 2007 @ 11:29 am

    welcome to the club ya
    saya mengalaminya terlalu sering
    sampai-sampai ketika kena virus lagi
    yang saya maki-maki adalah pembuat virusnya
    hahahahaha
    question please:

    1 antivirus yang cocok untuk laptop?
    2 yang harus diperhatikan ketika membuka folder/file?
    3 kalau terkena virus, apakah harus di instal ulang kemudian di scan?

    untuk pertanyaan ke 3, saya disarankan seperti itu ketika komputer saya kena virus yang lumayan gawat
    ada sekitar 100 virus yang ditemukan
    banyak ya?

  3. kyoko September 9, 2007 @ 8:52 pm

    pake ubuntu

  4. Raja Rental January 23, 2008 @ 8:37 pm

    Anti Virus untuk Laptop gunakan saja AVG free edition, sudah cukup ampuh.

  5. jimmy June 16, 2008 @ 6:52 am

    mohon kebaikan nya dong
    pc aku kena virus ,sekarang ini aku di jepang
    3 minggu lagi aku mau pulang , kalo pulang pc ini mau tak buang
    jadi sementara sebelum pulang aku pake dulu sampai puas
    baru2 ini pc ku kena virus , kalo mo di install ulang sayang dong (disini mahal bok)
    ada yang bisa kasih solusi nya gak?
    ada yang tahu software gratis githu?
    mohon kemurahan nya

    DOMO ARIGATOU GOZAIMASU

  6. Arnazta March 15, 2009 @ 1:09 pm

    Bantuin dwong….

    Gue g tau virus paan tapi Antivirus AVG gue Sampe kemakan and ga bisa buat scan tu virus lagi… ERROR+Flashdisk gue ga bisa di EJECT…..

    tolong duong Antivirus yang cocok buat virus itu??????????????

    ThankSSSSSSS…………………………..

  7. andra June 27, 2009 @ 12:11 am

    pake aja norman ato pc mav , itu bagus ko terus autorun dilaptop nya di di sable aja , biar pas nyolokin flash disk virus gak nyebar , mungkkin itu yang bisa saya katakan , hehe

  8. Rental Projector Murah August 25, 2009 @ 2:33 pm

    kalo di laptop kita udah pakai AVG Free tapi masih kena virus gimana dong solusinya

  9. Puasa July 24, 2013 @ 9:22 pm

    Kalau sekarang saya Rasa Banyak Antivirus yang Lumayan Handal Untuk Menangkal ini, contohnya seperti Panda, Aku make itu

  10. Ahli Rental January 4, 2018 @ 7:55 am

    saya rasa untuk windows cukup pakai windows defender sudah ampuh untuk memproteksi komputer. Tentunya harus diupdate secara berkala agar antivirus berjalan optimal

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*