Pola Pengembangan IT di Universitas Padjadjaran (bagian 3)

Dibalik permasalahan IT di Unpad, tidak semua upaya mempersatukan semua unit di unpad gagal, ada beberapa hal yang sebenarnya dapat dijadikan modal awal untuk membangun ulang peta IT unpad lebih baik.
 

  1. Terbangunnya jaringan LAN yang menghubungkan kampus Unpad Dipati ukur , kampus jatingangor dan beberapa unit lain di bandung.
  2. Pengerjaan beberapa kegiatan pengumpulan data digital yang melibatkan seluruh fakultas, seperti lakip, qi, self assessment, roster dsb.

Hingga saat ini modal awal tersebut masih dipandang belum stabil sebagai alat yang dapat menyatukan pemanfaatan IT di unpad lebih baik. Masih kurang baiknya layanan dapat dikatakan sebagai proses yang harus terus diperbaiki.

Apa solusi yang terbaik bagi IT Unpad ?

Permasalahan akan terus berkembang dan lebih sulit dipecahkan jika pola seperti ini terus dipertahankan. Ada dua pekerjaan yang harus dilakukan agar IT Unpad dapat berjalan lebih baik :

  1. Membangun sistem yang dapat berkomunikasi antar unit
    • Membangun Sistem Terpusat
    • Alternatif : Membangun sistem layanan data berbasis standarisasi
  2. Mengubah pola pikir semua pihak dalam memanfaatkan IT.

bersambung…..

One Comment, RSS

  1. swag-bellied glance October 23, 2007 @ 6:59 pm

    To the Honourable Member opposite I say, when he goes home tonight, may his mother run out from under the porch and bark at him — John G Diefenbaker

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*