Pola Pengembangan IT di Universitas Padjadjaran (bagian 2)

Harapan di setiap unit di unpad baik jurusan, fakultas dan lembaga-lembaga terhadap pemanfaatan IT secara umum sama yaitu agar dapat mendapatkan informasi lebih mudah dan menyampaikan atau mengkomunikasikannya dengan baik ke pihak yang membutuhkannya dan tepatnya dapat meningkatkan produktifitas kerja.


Semangat dalam memanfaatkan IT dapat terlihat disetiap unit yang berusaha berlomba- lomba membangun sistem baik program aplikasi, website dan sarana penunjang seperti komputer dan perangkat lainnya. Sayangnya semangat ini tidak di dasari adanya kebersamaan atas kepentingan dan kebutuhan secara terpusat. Masing- masing mencoba mengembangkan sendiri tanpa adanya kesepakatan bersama mengenai kebutuhan informasi dengan pusat.

Pihak pusat unpad sendiri bukan tidak berupaya untuk membangun IT yang dapat dimanfaatkan oleh semua unit, namun ada permasalahan yang disebabkan oleh berbagai faktor yang menjadikan upaya tersebut sulit direalisasikan. Faktor tersebut diantaranya :

  1. Letak kampus yang tidak pada satu tempat
  2. Idealisme tiap unit yang tidak tersalurkan dan tertampung
  3. Banyaknya bantuan dari luar unpad yang dimanfaatkan tiap unit untuk mengembangkan IT di masing-masing tempat dan menjadikan IT sebagai lahan proyek yang paling mudah didukung.
  4. Kesiapan SDM yang masih beragam sehingga pemanfaatan IT terkadang dimanfaatkan hanya sesaat.
  5. Kurangnya pendekatan pihak pusat dalam merangkul dan menampung masukan dari unit-unit agar dapat dimasukan untuk membangun sistem yang dapat diterima seluruh unit.

Kenyataan ini seolah-olah membuat setiap unit terlepas dan diluar jangkauan pusat dan masing- masing berjalan sendiri sedangkan koordinasi dengan pusat hanya memberikan laporan sesuai kebutuhan saja. Permasalahan akan lebih semakin komplek dikarenakan sebagian besar unit telah memiliki sistem yang dianggap lebih baik.

bersambung….

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*