Pola Pengembangan IT di Universitas Padjadjaran (bagian 1)

Pemanfaatan IT di Universitas Padjadjaran dinilai banyak pihak belum efektif. Berbagai usaha agar IT unpad dapat berjalan lebih baik belum juga tercapai. Ada beberapa hal yang harus kita teliti,  seberapa siapkah Unpad dalam menghadapi perkembangan IT dan Solusi apa yang paling tepat untuk menjadikan  IT Unpad dapat dimanfaatkan lebih baik dan efektif.

Information Technology atau lebih dikenal dengan singkatan IT telah menjadi pusat perhatian di kalangan praktisi termasuk di lingkungan akademis. Gambaran tentang IT selalu diarahkan ke sesuatu hal yang positif sebagai teknologi dan prasyarat yang dibutuhkan di era globalisasi.

Teknologi muncul atas dasar kebutuhan untuk melengkapi kehidupan kita, meningkatkan produktifitas, menambah pemasukan dan mengubah kehidupan seperti yang telah kita ketahui. Meskipun cukup banyak teknologi yang telah digunakan untuk menghibur dan bermanfaat, namun tidak jarang bahwa teknologi yang telah ada tidak dapat dimanfaatkan secara efektif.

Sebagai Institusi pendidikan, Universitas padjadjaran sudah seharusnya dapat menjadikan IT menjadi perangkat yang dapat meningkatkan produktifitas dan pelayanan mutu pendidikan. Sebenarnya kebutuhan IT di kampus Unpad sangatlah tinggi, hal ini dapat dilihat di sebagian besar fakultas dan jurusan yang mencoba membangun sistim informasi dan meningkatkan fasilitas infrastruktur pendukung untuk penerapan IT di masing-masing unit. Demikian pula di tingkat pusat, masing-masing unit mencoba ikut mengembangkan sistem informasi berikut dengan penyediaan infrastruktur. Tujuan dari pengembangan ini adalah membangun Sistem Informasi yang terpusat.

Namun sayang sekali usaha itu lebih dirasakan sangat berat. Hal ini disebabkan oleh belum adanya kesepahaman antara masing – masing unit dalam mengembangkan IT di kampus Unpad. Kemudian muncul pertanyaan : seberapa efektifkah penerapan IT ini di masing-masing unit? .

Saat ini dalam pengembangan IT di unpad, dana, fasilitas dan dukungan manajerial sudah bukan menjadi permasalahan yang sulit. Untuk saat ini yang perlu digaris bawahi adalah Sudah siapkah Unpad mengimplementasikan TI sebagai perangkat pendukung dalam meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan (Mahasiswa, Dosen, Staff dan Management).

Konsep Sudah matang, software sudah banyak yang dibangun, fasilitas sudah bagus, apakah semua pihak telah siap?, ada satu lagi permasalahan yang terkadang selalu dianggap remeh yaitu pengguna, pemakai dan penerima output dari pengembangan IT itu sendiri.

bersambung…

2 Comments, RSS

  1. Ahmad Baehaqi June 4, 2007 @ 1:46 pm

    IT without Man is nothing, man without organization is nothing, organization without vision is nothing

  2. Vulgar outside October 23, 2007 @ 6:28 pm

    If the automobile had followed the same development cycle as the computer, a Rolls-Royce would today cost $100, get a million miles per gallon, and explode once a year, killing everyone inside — Robert X Cringely

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*