Arti Gabut dan 15 Tips Lari dari Rasa Gabut!

Pasti banyak dari kalian yang sering mendengar kata gabut di sekitar kita, baik dari obrolan teman ataupun rekan kerja, mereka banyak yang menggunakan kata gabut, namun mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui dengan jelas apa itu arti gabut atau arti kata gabut itu sendiri, dan bagaimana menghilangkan rasa gabut tersebut. Dalam artikel berikut akan dijelaskan mengenai hal tersebut.

Arti Gabut Adalah

Arti gabut muncul dari kata magabut yang merupakan kependekan dari makan gaji buta. Magabut adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki pekerjaan di tempat kerjanya tetapi tetap mendapatkan gaji. Seiring berkembangnya zaman, kita semakin sering menemukan modifikasi kata dan magabut pun perlahan berubah menjadi “gabut”. Arti gabut adalah gabungan dua buah kata yaitu gaji dan buta. Arti gabut bisa dideskripsikan sebagai kondisi dimana seseorang sedang tidak memiliki kegiatan atau aktifitas tertentu dimana pun mereka berada.

Biasanya orang yang dilanda rasa gabut pasti akan merasa bosan dan berujung pada badmood. Banyak dari kita yang masih bingung harus melakukan apa saat merasa gabut. Apabila sedang gabut dan bingung harus melakukan apa, pastinya rasa bosan itu akan menjadi berlipat ganda.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk lari dari rasa gabut:

asah kemampuan menulis

1. Asah Kemampuan Menulismu

Pada saat kamu dilanda oleh rasa gabut, cobalah lakukan pemanasan jari dan mulailah menulis. Tulisanmu tidak harus selalu berupa curhatan keseharian kok, kamu dapat melihat permasalahan atau isu yang sedang hangat di sekitarmu dan menuangkan opinimu ke dalam tulisan. Buatlah buat blog pribadimu dan publikasikan tulisanmu di sana. Menulis juga memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghilangkan rasa gabut, secara kesehatan menulis juga dapat membantu mempertajam pikiran dan terhindar dari masalah psikis. So, tunggu apalagi? Ayo mulai menulis saat kamu dilanda rasa gabut!

hobi fotografi

2. Perdalam Hobimu

Memperdalam hobi adalah kegiatan yang tepat saat kamu sedang gabut. Apabila selama ini kamu tidak bisa melakukan hobi yang kamu sukai karena kegiatan yang super padat, waktu gabut adalah saat yang tepat bagi kamu untuk memperdalam hobi. Pelajari hobimu dari berbagai macam sumber seperti buku, majalah, televisi, dan internet. Percaya deh, waktu gabutmu akan berubah menjadi waktu yang produktif!

ikut workshop

3. Ikut Workshop Edukatif dan Asyik

Tidak semua workshop itu membosankan loh! Saat ini kamu dapat dengan mudah menemui dan mengikuti workshop edukatif yang asyik. Tidak usah dipertanyakan lagi, akan ada banyak sekali manfaat dari mengikuti workshop. Mulai dari mendapat ilmu, teman baru, dan juga pengalaman baru. Ilmu yang kita dapatkan melalui workshop itu bisa menjadi nilai tambah untuk diri kita loh, lumayan kan?

menonton di laptop

4. Menonton Film Di Laptop

Bila kamu ingin menghabiskan waktu di rumah sambil melakukan kegiatan yang menghilangkan rasa gabut, kamu bisa mengambil posisi yang paling nyaman dan membuka laptopmu untuk menonton film. Kamu bisa menonton film yang belum kamu tonton atau menonton kembali film favoritmu. Bila kamu merasa sepi dan pengen nobar kamu bisa menonton bersama keluarga atau mengundang teman-teman kamu ke rumah.

membaca buku

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah

5. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang kamu lakukan untuk membunuh rasa gabut. Selain untuk merilekskan pikiran, membaca buku juga dapat membantu kamu melupakan tekanan sejenak. Kamu tidak harus membaca buku yang berat, pilihlah buku yang sesuai dengan dirimu. Pilih posisi paling nyaman agar kamu menjadi lebih fokus saat membaca. Apabila persediaan membacamu sudah habis, kamu dapat meminjam buku kepada kerabat atau membaca buku secara online.

berolahraga setiap hari

6. Olahraga

Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib kita lakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga baiknya dilakukan secara rutin setiap hari, namun alasan kesibukan biasanya membuat kamu melupakan hal penting yang satu ini. Waktu gabut adalah saat yang cocok bagi kamu untuk mulai memperhatikan kesehatan dengan cara berolahraga. Mulailah dengan kegiatan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berjogging. Kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti sit up, push up, dan masih banyak lagi.

membersihkan rumah

7. Bersih-Bersih Rumah

Waktu gabut adalah waktunya kamu cek kebersihan rumahmu. Kamu dapat memulainya dengan membereskan kamarmu terlebih dahulu. Bereskan hal yang bisa kamu bereskan mulai dari Kasur, rak buku, meja rias, dan sebagainya. Apabila kamu telah selesai dengan kamar, lanjutkanlah dengan membereskan ruangan lain seperti ruang tamu, dapur, dan bila kamu memiliki waktu lebih, kamu dapat membersihkan kamar mandi. Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kita lakukan karena dengan menjaga kebersihan secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan. Maka dari itu, membersihkan rumah adalah hal tepat untuk kamu lakukan saat sedang gabut. Selain rumahmu menjadi bersih, tubuhmu juga menjadi sehat.

perawatan diri

8. Perawatan Diri

Bukan hanya pikiran, tubuh juga perlu untuk dirileksasi. Waktu gabut adalah saat yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan perawatan diri. Ada banyak perawatan diri yang bisa kamu lakukan untuk lari dari rasa gabut. Kamu tidak perlu repot pergi ke salon karena banyak macam dari perawatan diri yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu dapat merawat diri dengan cara melakukan lulur badan, memakai masker pada wajah, bahkan creambath. Tidak usah takut, saat ini kamu dapat dengan mudah membeli peralatan tersebut di toko terdekat.

merapikan lemari

9. Rapikan Lemarimu

Coba tengok, apakah lemarimu sudah rapi? Mungkin kamu memiliki banyak pakaian yang sudah tidak muat atau tidak pernah kamu pakai lagi. Nah, waktu gabut adalah saat yang sangat cocok untuk membereskan lemari kamu. Tata kembali pakaianmu yang terlihat kurang rapi dan keluarkan baju yang tidak kamu kenakan lagi. Bila kamu telah selesai, baju-baju tersebut dapat kamu berikan kepada yang membutuhkan. Atau kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk mengumpulkan baju yang sudah tidak mereka gunakan dan membuka garage sale. Kamu bisa lari dari rasa gabut dan mendapatkan banyak uang. Lumayan bukan?

tidur nyenyak

10. Tidur

Ini adalah kegiatan yang paling digemari kebanyakan orang saat mereka sedang gabut. Bila kamu sedang dilanda rasa gabut, kamu bisa pergi ke kamar dan pejamkan mata. Manfaatkan waktu gabutmu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas sangat baik untuk kesehatan.

menghitung pengeluaran

11. Menghitung Pengeluaranmu

Menghitung pengeluaran adalah kegiatan yang sering kita tinggalkan, namun tahukah kamu bahwa menghitung pengeluaran adalah hal penting yang harus kita lakukan secara berkala. Dengan menghitung pengeluaran kita jadi tahu sebanyak apa uang yang sudah kita keluarkan. Menghitung pengeluaran juga bisa membantu kamu untuk berhemat karena dengan menghitung pengeluaran kamu jadi bisa membuat strategi finansial untuk ke depannya. Maka dari itu, waktu gabut juga bisa kamu manfaatkan untuk menghitung pengeluaranmu. Jangan lupa hitung dengan teliti ya!

mencuci sepatu

12. Cuci Sepatumu

Sepatu adalah teman setia yang selalu menemani langkah kakimu. Dengan adanya sepatu kamu bisa melangkah kemana saja dengan nyaman. Maka dari itu kamu juga harus merawat sepatumu. Cucilah sepatu-sepatumu disaat kamu sedang gabut. Kebersihan sepatu juga menjadi salah satu bagian penting loh! Apabila sepatumu bersih, dijamin kakimu akan terhindar dari bau tidak sedap dan terlindung dari berbagai penyakit.

merawat hewan peliharaan

13. Rawat Peliharaanmu

Apabila sebelumnya kamu telah merawat diri, jangan lupakan sekelilingmu. Kamu juga perlu merawat semua yang ada di sekelilingmu, coba tengok peliharaan kesayangmu. Disaat gabut kamu juga bisa merawat peliharaanmu. Kamu dapat memulainya dengan membersihkan kandang dan dilanjut dengan memandikannya. Setelah peliharaanmu bersih, jangan lupa untuk mengajaknya bermain, mengajaknya berjalan-jalan, atau sekedar memanjakannya.

mencoba masakan

14. Coba Resep Masakan Baru

Untuk kamu yang sedang gabut dan lapar, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk bereksperimen. Cobalah untuk memasak menu masakan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Ambil peralatan masakmu dan coba tuangkan ide kreatifmu. Tidak masalah dengan hasil yang enak atau tidak. Bebaskan otakmu untuk berkreasi, dijamin kamu akan merasa lebih fresh untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

 

Waktu gabut adalah saat yang sangat tepat untuk melakukan semua kegiatan di atas, tetapi ada satu kegiatan disaat gabut yang biasanya menjadi favorit semua orang yaitu:

pergi ke restoran dan cafe

15. Pergi Ke Cafe Atau Restoran Terdekat

Kalau kamu malas memasak sendiri atau merasa bosan di rumah, kamu bisa pergi ke cafe atau restoran terdekat. Pergi sendiri atau bersama teman dan keluarga tidak masalah. Di sana kamu bisa menenangkan pikiran dengan secangkir kopi atau makan besar bersama keluarga. Saat ini kamu tidak perlu takut untuk mengeluarkan uang berlebih. Cek cara di bawah ini untuk tetap berhemat saat kamu pergi berkunjung ke restoran dan cafe terdekat. Untuk menghemat pengeluaranmu, kunjungi restoran atau cafe yang memberikan diskon. Atau kamu juga bisa mengunjungi restoran dan cafe yang memberikan cashback sehingga kamu bisa lari dari rasa gabut namun kantongmu tetap aman.

 

Sumber : Cashbac

Leave a Reply