Tips Melihat Calon Pembeli Piano dengan Jeli

Jika saat ini kamu sedang mencari pembeli untuk pianomu, maka kamu harus berhati-hati dan selektif. Penipuan saat ini sangat banyak terjadi saat transaksi jual beli baik online maupun secara langsung. Banyak sekali modus yang dipakai si penipu untuk mengelabui pembeli. Kita harus sangat jeli sebagai penjual dalam menganggapi kasus seperti ini. Terlebih lagi jika barang yang kamu jual adalah barang yang harganya mahal, antik, atau diminati oleh banyak pihak.

Biasanya para menipu akan melakukan cara apapun demi mendapatkan barang tersebut. Dan inilah beberapa tips yang harus diperhatikan saat ada pembeli yang tertarik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Niat

Hal pertama yang perlu kamu liat dari pembeli adalah niat dari si pembeli tersebut. Semisal dia sudah serius menanyakan setiap detail dari kondisi piano,si pembeli tersebut berpotensi besar untuk membeli piano bekas yang dimiliki. Apalagi jika dia sudah minta alamat dan nomer telfon agar dia bisa memlihat langsung pianomu. Niat sebesar ini dari si pembeli menunjukan si pembeli tersebut tertarik pada pianomu. Tapi jika dia hanya berbincang denganmu lewat hp atau sosial media, dan tidak menunjukan keseriusan soal piano, pembeli seperti ini sangatlah meragukan. Jadi ajaklah calon pembeli itu langsung pada persoalan piano, tidak perlu basa basi.

  1. Penampilan

Ada pribahasa jangan menilai seseorang dari luarnya. Pribahasa ini memang benar, tapi ada baiknya sebagai pembeli kita waspada dan hati-hati. Karena jika penampilan orang yang bertujuan baik untuk melakukan jual beli dengan orang baru, pasti dia akan berpakaian sopan atau setidaknya rapi. Ada baiknya kamupun bertemu tidak sendirian, akan lebih baik ditemani oleh rekan atau keluargamu, maka itu akan lebih baik. Karena kebanyakan kasus menipuan juga bisa banyak terjadi karena korban datang seorang diri tanpa didampingi orang lain.

  1. Transaksi

Selain itu hal yang perlu kamu perhatikan adalah transaksi. Ketika transaksi ada baiknya jika kamu melakukannya di bank, atau jika sang pembeli ingin membayar cash, kamu bisa membeli alat pengecek uang palsu.

  1. Pembeli Online

Jika kamu menemukan pembeli lewat internet sebenarnya kamu bisa mencek nya lewat akun yang dia miliki. Untuk sebagian orang, keaslian identitas itu sangat diperlukan. Kamu bisa tau nama, jenis kelamin, alamat atau bahkan pekerjaan mereka. Informasi ini tergantung website yang bersangkutan apakah menyediakan info semacam itu atau tidak. Jika kamu melihat dengan jelas ciri-ciri orang yang akan membeli piano kamu, pasti kamu bisa mengira.

Semakin kamu selektif dalam melakukan jual beli, maka kamu juga bisa terhindar dari jenis-jenis penipuan dan kejahatan yang sudah marak terjadi.

 Sumber: http://petrofpianogaleri.com/

Comments are closed.