12 Wisata di Jawa Tengah Paling Populer

Tempat wisata di jawa tengah – Propinsi Jawa Tengah adalah wilayah yang terdapat di tengah-tengah Pulau Jawa. Bentang alam yang begitu luas jadikan Propinsi Jawa Tengah terdapat banyak obyek wisata terlebih wisata alamnya yang begitu indah. Akan tetapi banyak pula didapati beragam obyek wisata yang disebut hasil dari kebiasaan kebudayaan manusia yang di bangun pada jaman dulu. Segera saja kita tempat wisata di jawa tengah yang paling menarik serta harus untuk dikunjungi terlebih waktu berlibur berbarengan keluarga.

  1. Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur kelihatannya sudah jadi ikon untuk pariwisata jawa Tengah. memanglah Candi Borobudur ini mempunyai bentuk yang begitu megah serta menawan hingga layak jika Candi ini termasuk 7 dalam kejaiban dunia. Candi Borobudur adalah satu Candi sejarah umat Budha. Candi ini tertulis sebagai candi budha paling besar di dunia hingga mengundang wisatawan mancanegara untuk bertandang ke Candi Borobudur. Candi Borobudur berada di Magelang Jawa Tengah. Tepatnyaterdapat di 40km samping barat Yogyakarta.

  1. Wisata Kepulauan Karimunjawa

Wisata pulau Karimunjawa masuk dalam lokasi Kabupaten Jepara. Memanglah Kabupaten Jepara yang meiliki lokasi dibagian utara Pulau Jawa mempunyai banyak wilayah berupa kepulauan. Kepulauan ini mempunyai panorama yang begitu indah, hingga sangat banyak wisatawan yang tertarik untk bertandang ke pulau ini. Pulau obyek wisata ini banyak di kenal dengan Karimunjawa. Ditempat ini anda bisa nikmati indahnya pantai yang berpasir putih. Diluar itu anda dapat juga menyewa kapal motor yang dipakai untuk melingkari lokasi kepulauan Karimunjawa serta nikmati indahnya pulau-pulau yang menyebar di sekelilingnya. Tidak lupa juga dengan sarana snoorkling serta diving yang disebut pengalaman unik sendiri yang mungkin saja tidak bakal didapati ditempat lain. Dengan keindahan alamnya itu tidak heran jika Kepulauan Karimunjawa jadi satu diantara ikon Kabupaten Jepara. Tetapi mesti diingat, untuk bertandang ke sana anda mesti memerhatikan jadwal kapal yang bakal menuju kesana, karna tak sehari-hari ada kapal yang berlayar ke Kepulauan Karimunjawa. Untuk lebuh sebaiknya anda bisa menywa layanan agen perjalanan yang telah memiliki pengalaman mengatasi wisata ke karimunjawa, hingga anda tak perlu lagi mengurus permasalahan tiket dan lain-lain. Biro layanan wisata yang memiliki pengalaman umumnya tau jadwal berlayar ke Karimunjawa bersama perkiraan keadaan lautan di Karimunjawa, hingga wisatawan bisa betul-betul nikmati berlibur ke Kepulauan Karimunjawa.

  1. Wisata Candi Prambanan

Prambanan adalah candi warisan umat Hindu. Candi Prambanan masuk dalam daftar tempat wisata di jawa tengah karna memanglah tempat obyek wisata Candi Prambanan ini terdapat di perbatasan lokasi Yogyakarta serta Jawa Tengah. Di Lokasi jawa Tengah, tepatnya ada di Kabupaten Klaten. Karna letaknya yang berdampingan jadi pengelolaannya juga dibagi dua pada Pemerintah Propinsi Yogyakarta serta jawa Tengah. Candi Prambanan lekat dengan Legenda Roro Jonggrang serta Bandung Bondowoso. Penasaran dengan Cerita Roro Jonggrang? Kami juga pernah menghadirkan kisahnya di situs (blog) ini.

  1. Wisata Taman Wisata Air Panas Guci

Wisata Guci adalah obyek tempat wisata di jawa tengah kebanggan orang Tegal. Tempat Dari obyek wisata Guci ini yaitu sekitaran 40 Km dari Kota Tegal. Tempat Pemandian air panas ini ada di Lereng Gunung Selamet, yakni Gunung Paling tinggi di Jawa. Wisata Air panas Guci ini banyak disukai oleh beberapa wiatawan karna terkecuali pemandangannya yang indah, air panas yang keluar di pemandian ini diakui bisa mengobati beragam jenis penyakit.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta api Ambarawa ini terdapat di ota Ambarawa, Jawa Tengah. Museum Kereta api ambarawa ini dulunya adalah satu stasium kereta api yang populer di jaman dahulu. Lalu karna telah tak berperan lagi, jadikan museum kereta api. Didalam museum ini ada beragam koleksi unik yang terkait dengan kereta api, salah satunya yaitu kereta uap yang dipakai jaman dahulu, alat telegraph, telepon kuno, perlengkapan kuno serta sebagian perlengkapan stasiun lama. Tempat ini begitu pas untuk berwisata keluarga serta bisa jadikan untuk memperkenalkan pada anak kita mengenai histori perkereta apian di Indonesia.

  1. Wisata Puri Maerokoco

Puri Maerokoo adalah Taman Mini Indonesia Indah kecil, versus Jawa Tengah. Puri Maerokoco berada di Kota Semarang serta hingga sekarang ini ada banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini. Didalam Puri Maerokoco ini dipertunjukkan beragam jenis kebiasaan serta budaya Jawa Tengah termasuk juga baju kebiasaan, tempat tinggal kebiasaan serta kebudayaan yang lain. Diluar itu juga ada beragam jenis permainan menarik seperti sepeda air, kereta, perahu dan lain-lain. Tempat ini angat pas untuk liburan berbarengan keluarga serta bisa memperkenalkan Jawa Tegah pada anak-anak kita.

  1. Wisata Pantai Kartini

Pantai Kartini ada di Kabupaten jawa Tengah serta adalah satu obyek wisata pantai yang sudah dirubah sedemikian rupa hingga jadi lebih indah. di ruang tempat wisata Pantai Kartini ada bangunan berupa kura-kura raksasa yang didalamnya diisi aquarium raksasa. Pengunjung dapat juga nikmati sebagian permainan seperti ruang bermaian, kerata untuk melingkari tempat, dan lain-lain. Diluar itu ditempat ini dapat ada persewaan perahu yang dipakai untuk melingkari laut di sekitaran pantai. Nikmati pantai dari laut adalah pengalaman sendiri yang pantas anda cobalah.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung jawa Tengah ada di Kota Semarang. Bangunan masjid yang demikian megah jadi daya tarik sendiri untuk wisatawan yang tengah bertandang ke Kota Semarang. Oleh karenanya jika anda tengah bertandang di Kota Semarang alangkah sebaiknya bila meluangkan ke Masjid agung Jawa Tengah ini untuk lakukan Sholat serta melihat Masjid kebanggaan orang-orang jawa Tengah ini. Masjid Agung Jawa Tengah mulai di bangun pada th. 2001 serta usai pada th. 2006.

  1. Wisata Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah satu peninggalan dari raja Mataram yang dulu pernah berkuasa penuh di wilayah tanah Jawa. Keraton Surakarta masih tetap bersaudara dengan keraton Yogyakarta. Hingga saat ini di keraton Surakarta masih tetap ada raja yang berkuasa tetapi kekuasaannya tak penuh, hingga cuma hanya simbul kebudayaan penduduk Surakarta. Di Keraton Surakarta senantiasa diselenggarakan peringatan akbar hari besar umat Islam seperti Suronan, Sekaten dan lain-lain. Pada hari umum, anda bisa berkunjung ke keraton Surakarta serta nikmati beragam benda bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram yang hingga saat ini masih tetap dipertahankan

  1. Wisata Ketep Pass

Ketep Pass adalah obyek wisata yang ada di Magelang Jawa Tengah. Ketep Pass ada bukit Sawangan, yang ada di jalur Boyolali – Selo – Magelang. Ketep pass tawarkan wisata yang begitu unik. Di sini pengunjung disuguhi dengan panorama alam yang begitu bagus, yakni panorama alam berbentuk hamparan pertanian di lereng Gunung Merbabu serta Merapi. Di Ketep Pass kita dapat lihat satu film dokumenter tentang kesibukan Gunung Merapi yang disebut gunung api paling aktif didunia. Film dokumenter ini termasuk letusan-letusan gunung merapi yang begitu dahsyat yang pernah mengganggu kegiatan warga sekitaran. Pemutaran film ini di satu gedung seperti bioskop yang dinamakan KETEP VULKANO THEATRE. Diluar itu kita dapat juga lihat dengan cara segera kegiatan Merapi dari gardu pandang komplit dengan teropong yang ada.

  1. Wisata Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng diberi nama juga Dieng Plateu. Sesuai sama namanya, Datara tinggi Dieng adalah satu lokasi yang ada di daerah yang tinggi, yakni sekitaran di atas 2000 mdpl. Tempat Dataran tinggi dieng ada di 30 km dari Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Di dataran tinggi Dieng ada banyak kawah yang masih tetap aktif, karna pada intinya dataran tinggi Dieng adalah satu Gunung Berapi raksasa. Terkecuali bisa nikmati keindahan alamnya yang asri serta sejuk, anda bisa pula nikmati sebagian candi peninggalan agama Hindu di lokasi ini.

  1. Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Obyek tempat wisata di jawa tengah yang lumayan besar serta mempunyai debet air yang tinggi. Grojogan Sewu adalah obyek wisata yang ada di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah. Pada musim berlibur, tempat ini banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan yang datang dari semua penjuru tanah air. Di tempat ini anda bisa nikmati panorama alam yang masih tetap hijau serta asri serta diperlengkapi oleh kera-kera yang masih tetap liar serta terdapat banyak di tempat wisata. Oleh karenanya jika bertandang ke sini anda mesti waspada. lengah sedikit, barang bawaan anda bisa dicuri oleh gerombolan kera ini.

Demikian Informasi mengenai tempat wisata di jawa tengah dengan berbagai macam tempat yang bisa nda kunjungi. Semoga menarik niat anda untuk melepas lelah bersama keluarga tercinta

Categorized: Wisata

Comments are closed.