Penggunaan Fungsi SUM Pada Ms Excel

Sebetulnya ada banyak sekali fungsi matematika yang dapat Anda gunakan di Microsoft exel. Misal seperti fungsi ABS(angka) Menghasilkan nilai abosulut dari suatu angka atau fungsi COS(angka) untuk menghasilkan nilai kosinus dari suatu sudut.

Namun yang sering digunakan adaah fungsi SUM. Fungsi Sum adalah fungsi yang digunakan untuk mengetahui nilai total dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah mengolah data dengan menggunakan fungsi Sum.

Rumus : =Sum(range).

Ingat :

Rumus harus dimulai dengan menggunakan tanda = (sama dengan), agar Microsoft exel mengelali bahwa data adalah sebuah rumus atau disebut juga formula. Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu bahwa operator menentukan tipe perhitungan yang ingin Anda lakukan pada elemen rumus, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Ada urutan default di mana perhitungan terjadi, tapi Anda bisa mengubah urutan ini dengan menggunakan tanda kurung.

Berikut operator dalam sebuah rumus :

Operator Aritmetika

Untuk melakukan operasi matematika dasar seperti tambah, kurang, atau kali; penggabungan bilangan; dan mencari hasil numerik, gunakan operator aritmetika berikut.

Operator aritmetika Arti Contoh
+ (tanda plus) Penambahan 3+3
– (tanda minus) Pengurangan
Negasi
3–1
–1
* (tanda bintang) Perkalian 3*3
/ (garis miring) Pembagian 3/3
% (tanda persen) Persen 20%
^ (tanda sisipan) Perpangkatan 3^2

Berikut langkah-langkah mengolah data menggunakan fungsi SUM

  1. Buatlah tabel berikut ini

menggunakan sum exel

  1. Ketikan atau masukan data tabel

Catatan : Untuk menampilkan format Rp, Anda dapat melakkannya melalui kotak dialog Format Cell. Kliklah tab Number. Pilihah category accounting. Pada kotak piihan sysmbol, pilih dan kliklah format Rp Indonesia. Atau Anda juga dapat klik kanan secara langsung pada tabel yang akan di pilih. Kemudian pilih Format Cells. Lalu pada tab number pilih menu accounting. Selanjutnya sama seperti cara sebelumnya.

  1. Klik sel D5 (untuk mengetahui jumlah/ kuantitas barag).
  2. Ketikan rumus =SUM(D2:D4)
  3. Lalu tekan enter. Muncul nilai jumlah tota pada sel D5.

Dan seterusnya. Untuk mencari nilai-nilai lain Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sama. Misalkan Anda ingin mencari rata-rata Anda dapat menggunakan fungsi Average atau Anda ingin menggunakan fungsi yang dapat menentukan suatu tes logika, Anda bisa menggunakan fungsi IF. Silahkan cari sendiri Rumus Excel. Ada banyak website yang mengulas cara menggunakan Microsoft exel.  Semoga tulisan Saya bermanfaat ya. Thx.

Comments are closed.