Pengertian, Jenis, Tujuan Administrasi

Ahadin – Ada banyak pakar yang menjelaskan tentang pengertian administrasi. Namun inti dari pengertian administrasi itu sendiri adalah manajemen. Istilah administrasi digunakan dalam berbagai macm bidang. Misal seperti bidang pemerintahan, kegiatan pelayanan dan lain-lain. Dalam hal ini adalah admnistrasi kantor dan administrasi pemerintahan. Istilah manajemen sendiridugunakan dalam bidang bisnis

Pengertian Administrasi Pemerintahan

Administrasi Pemerintahan merupakan sebuah proses manajemen kegiatan pemerintah dalam penerapan kekuasaan politiknya yang meliputi tindakan beragam departemen, baik itu legislative, eksekutif ataupun judikatif.

Pengertian Administrasi Kantor

Administrasi kantor aitu tugas-tugas yang berkaitan dengan pengelolaan serta pengarahan atas tahapan dalam suatu kegiatan operasional perusahaan atau organisasi yang mencangkup pemrosesan data, komunikasi, dan penyimpanan data. Dalam pelaksanaanya, belum ada data suatu kesepakatan mengenai tugas-tugas administrasi tersebut, sehingga pengertiannya menjadi lebih luas.

Administrasi kantor terbagi menjadi beerapa bidang diantaranya otomatisasi dan mekanisasi kantor, pengaturan tahapan pekerjaan, penyiapan perlengkapan kantor, tata letak kantor, program seleksi dan latihan, pengaturan cuti, penetapan tunjangan, penyiapan program pensiun dan lain-lain.

Tujuan Administrasi

Tujuan administrasi merupakan sesuatu yang harus di capai ketika sistem administrasi tersebut diterapkan. Tujuannya beragam, namun inti dari tujuan administrasi adalah sebagai berikut :
1. Bertutujuan untuk memonitoring kegiatan administrasi
2. Sebagai sistem pengelola kegiatan atau usaha sehingga akan mempermudah proses evaluasi kegiatan-kegiatan pengeorganisasian
3. Mempermudah penyusunan program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian
4. Sebagai sistem pengamanan kegiatan usaha dan organisasi

Dan masih banyak lagi tujuan-tujuan administrasi lainnya.

Jenis Administrasi

Dibedakan berdasarkan jenisnya administrasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Adalah sebagai berikut :

1. Administrasi Publik

Dalam administrasi publik pokok kajian yang dibahas adalah tiga elemen utama dalam sebuah negara. Ketiga elemen tersebut yaitu lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. Dalam kajiannya, administrasi publik mengaitkan ketiga elemen utama negara tersebut dengan beberapa peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan publik, tujuan negara serta etika yang menjadi acuan penyelenggara negara.
Awal mula kemunculan konsep administrasi publik ini adalah gagasan dari sebuah essai yang dibuat oleh Woodrow Wilson yang judulnya Intoduction To Study Administration. Dalam pelaksanaannya, administrasi publik ini akan selalu berhubungan dengan birokrasi, temasuk pada peraturan dan pelaksana peraturan tersebut.

2. Administrasi Pembangunan

Merupakan sistem administrasi yang dibuat untuk melakukan pengendalian usaha oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk meralisasikan pertumbuhan yang sudah direncanakan pada suatu kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.

Sistem administrasi pembangunan ini mulai muncul pasca perang dunia II. Dimana pada masa itu, semua negara di dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan negara mereka, setelah berakhirnya perang yang melibatkan hampir semua negara yang ada di dunia.
Namun beberapa ahli berpendapat, bahwa adanya Rencana Marshall dari Amerika, merupakan salah satu motivasi utama terciptanya konsep administrasi pembangunan ini. Marshal Plan ini merupakan sebuah program dari negara yang memenangkan peperangan untuk membantu negara yang hancur dan mengalami kekalahan pada masa perang dunia II tersebut.

3. Administrasi Lingkungan

Merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanaka pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan wawasan lingkungan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan

Comments are closed.