Kampus sedang libur? Begini Cara Ciptakan Momen Indah Ramadhan dengan Keluarga di Rumah

Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa diantara 11 bulan lainnya.  Tidak mengherankan jika semua umat Islam sangat bergembira menyambut kedatangannya.  Selain pahala berlipat yang dijanjikan jika menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT, suasana bulan Ramadhan juga beda ya, lebih adem dan syahdu.  Apalagi ada momen spesial berupa malam Lailatul Qadar  lebih baik dari 1000 bulan.  Wah, siapapun pasti sangat beruntung jika berhasil menemui malam istimewa tersebut.

Kembali pada suasana Ramadhan yang terasa berbeda, tentu akan berbeda jika dilalui dperantauan dengan suasana di rumah. Kita pasti juga sangat familiar dengan berbagai momen indah di bulan Ramadhan yang tidak bisa dijumpai pada bulan-bulan lainnya.  Apa saja ya momen indah yang bisa diciptakan di rumah?  Mari kita cek satu per satu.

  1. Sahur

Sahur merupakan satu momen indah di bulan Ramadhan yang bikin kangen.  Pasalnya momen ini bisa jadi tantangan terberat bagi mereka yang susah bangun pagi ataupun para perantau yang jauh dari keluarga.

Sahur juga bisa menjadi sarana untuk kumpul bareng keluarga sehingga kebersamaan dalam keluarga bisa semakin kompak dan harmonis.  Bagi seorang ibu, momen sahur juga bisa menjadi tantangan tersendiri karena harus menyiapkan menu sahur untuk disantap bareng keluarga sebelum membangunkan anggota keluarga lainnya.

Sebenarnya hampir sama dengan menyiapkan menu sarapan, hanya saja waktunya maju beberapa jam ya, dan itu menjadi momen manis tersendiri lho.  Apalagi kalau ada saatnya bangun telat, sudah pasti ribetnya minta ampun.

  1. Jalan-jalan selepas sholat subuh

Selepas sholat berjamaah di masjid, biasanya banyak dimanfaatkan untuk jalan-jalan bareng keluarga atau teman.  Yang tadinya mengantuk pas mendengarkan ceramah tiba-tiba langsung jadi semangat pas jalan-jalan.  Itulah mengapa momen ini masuk dalam daftar kegiatan yang bikin kangen setelah Ramadhan berakhir. Berbeda dengan keadaan di perantauan terutama bagi mahasiswa yang tinggal di kos-kosa, momen ini sangat jarang dilakukan. Jadi kangen masa-masa itu ya!

  1. Ngabuburit

Nah, kalau momen yang satu ini memang jadi momen favoritnya anak muda buat jalan rame-rame bareng teman.  Selain bisa untuk mengisi waktu sambil menunggu kumandang adzan maghrib, momen ini bisa digunakan untuk hunting foto dan tempat nongkrong yang oke punya.  Biasalah untuk diposting di media sosial, biar tetap eksis dan kekinian, katanya.

Bagi sebuah keluarga, momen ngabuburit bareng sambil menikmati suasana sore di bulan puasa juga bisa jadi momen yang bikin kangen.  Jalan-jalan sore, bermain dengan anak atau ngobrol santai di taman bisa jadi sarana untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan keluarga.

  1. Berburu takjil

Momen yang satu ini memang hanya bisa ditemukan pada bulan Ramadhan, jadi pasti bikin kangen.  Biasanya di sepanjang jalan ramai penjual takjil dengan berbagai menu yang pastinya menggugah selera.  Tentunya momen ini bisa jadi ajang wisata kuliner yang menyenangkan, karena berbagai jenis makanan tersedia untuk memanjakan lidah kita di saat berbuka.

  1. Berbuka bersama

Buka puasa menjadi saat yang ditunggu setelah seharian menahan haus dan lapar.  Ada kalanya mulut masih ingin memuaskan lidah, tapi perut sudah tidak mau menerimanya, tapi momen itu justru jadi pengalaman tersendiri yang sering bikin kangen.

Selain itu, buka bersama keluarga atau bareng teman-teman saat bulan Ramadhan juga menjadi momen yang berkesan dan pasti bikin kangen setelah bulan puasa berakhir.  Suasana yang hangat, akrab dan nyaman membuat kita pasti ingin mengulangi momen indah di bulan puasa tersebut.

  1. Sholat tarawih di masjid

Sholat tarawih di masjid menjadi momen untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Momen ini juga bisa bikin kangen setelah Ramadhan usai.  Meskipun biasanya masjid akan penuh di minggu pertama dan kedua ya.  Karena mendekati akhir Ramadhan jamaah akan semakin berkurang, kemungkinan jamaahnya banyak yang perantau sehingga di akhir bulan Ramadhan sudah mudik ke kampung halaman.  Mungkin lho ya.

  1. Mudik lebaran

Buat para perantau, momen mudik lebaran pasti bikin kangen.  Walaupun harus berjejal dengan pemudik lainnya, namun demi pulang ke kampung halaman momen berdesakan justru bisa jadi pengalaman unik yang bisa menjadi cerita tersendiri saat sudah tiba di rumah.

  1. Malam takbiran

Malam takbiran menjadi tanda bahwa bulan Ramadhan sudah berkhir dan tibalah saatnya umat muslim merayakan kemenangannya dalam mengendalikan hawa nafsu selama bulan puasa.  Rasa gembira dan sedih bercampur aduk, gembira dalam merayakan kemenangan tapi juga sedih karena bulan suci Ramadhan telah berakhir. Sementara untuk tahun depan kita belum tentu bisa menjumpai bulan penuh berkah ini.  Wallahu a’lam.

Jangan lupa untuk membaca info lainya terkait berbagai macam permasalahan puasa ramadhan di website http://www.tongkronganislami.net/ 

Comments are closed.