Cara Penyimpanan Asi Yang Baik Dan Benar

Asi merupakan nutrisi yang terbaik untuk bayi. Nutrisi ini wajib diberikan oleh ibu apapun kondisinya denganĀ  sempurna. Pemberian asi secara sempurna pada jaman sekarang ini bisa dikatakan cukup sulit. Kebanyakan ibu yang memilih untuk bekerja di luar rumah tentu saja akan menjadikan kendala tersendiri untuk proses pemberian asi eksclusive untuk bayi. Namun demikian permasalah pada jaman modern ini tetap memiliki pemecahan tersendiri. Pemecahannya adalah melakukan pompa asi. Banyaknya pilihan alat untuk memerah asi ini membuat para ibu bekerja tidak perlu risau untuk tetap memberikan asi untuk bayi. Namun cara penyimpanan asi yang baik ini tentu saja wajib dilakukan ketika ibu memilih untuk memberikan asi dengan cara perah.

Berikut ini adalah cara penyimpanan ASI yang baik dan paling benar yang bisa Anda lakukan untuk menjamin bayi Anda masih mendapatkan asi secara full:

  • Gunakn botol yang sekali pakai. Jika Anda memilih untuk menggunakan botol secara berulang, maka sebaiknya Anda perhatikan label pada botol tersebut. Namun yang paling baik adalah menyimpan asi dalam botol yang sekali pakai. Sebab dengan menggunakan kemasan ini, maka asi akan lebih steril dan juga lebih aman. Meskipun tidak masalah jika Anda memilih untuk menyimpan asi di dalam botol yang bisa digunakan berulang.
  • Pastikan alat pompa selalu bersih dan juga selalu steril. Sebab jika alat pompa yang Anda gunakan tidak steril, maka kemungkinan besar, bayi Anda akan mengalami masalah pencernaan. Ketika selesai digunakan selalu pastikan bahwa alat pompa selalu dicuci bersih dan disterilkan kembali.

Nah cara penyimpanan ASI yang baik ini tentu saja akan menjamin bayi Anda akan emmperoleh gizi dan nutrisi terbaik dari asi yang memang wajib Anda berikan selama 2 tahun berturut-turut. Tentu saja asi menjadi makanan yang paling baik. Meskipun kandungan vitamin c pada asi akan hilang ketika asi disimpan, namun nilai gizinya tidak akan berubah sama sekali jika Anda masih memberikan asi perah kepada Anda jika dibandingkan dengan melakukan pemberian susu formula.

 

Comments are closed.