Seminar on Literature Tahun Akademik 2012/2013

Universitas Padjadjaran Fakultas Ilmu Budaya
Program Studi Sastra Inggris Pengutamaan Sastra
Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013
Seminar on Literature

SILABUS

Tujuan Umum

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester, mahasiswa diharapkan dapat membuat tulisan hasil penelitian dalam bentuk makalah seminar, artikel jurnal, usulan penelitian, laporan penelitian, dan terutama skripsi, sesuai dengan konvensi-konvensi penulisan yang berlaku.

 

Tujuan Khusus

Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semester, mahasiswa dapat:
1. Merancang sebuah penelitian di bidang kajian sastra-budaya.
2. Memanfaatkan ketrampilan penelitian (menentukan keyword, menemukan rujukan di perpustakaan dan internet) sesuai dengan kebutuhan penelitian.
3. Menggambarkan situasi dan kondisi yang terkait dengan satu permasalahan dalam bidang kajian sastra-budaya.
4. Mengidentifikasi pokok masalah sesuai dengan kerangka teoretis tertentu.
5. Menentukan tujuan penelitian sesuai dengan identifikasi masalah.
6. Mentransformasi teori-teori yang berlaku mejadi metodologi, dan menerapkan metedologi tersebut dalam analisis objek penelitian.
7. Memetakan teori-teori kajian sastra-budaya yang berlaku dan konteks historis (lingkung sosial, politik, ekonomi, dan budaya) yang berkaitan dengan objek penelitian.
8. Menggunakan format penulisan termasuk dokumentasi rujukan yang lazim dalam kajian sastra-budaya (seperti penggunaan catatan kaki dan catatan akhir, penulisan daftar pustaka, pengutipan, dan parafrase).
9. Membuat gambaran umum karya terutama ringkasan sesuai dengan kebutuhan penelitian.
10. Menganalisis karya sastra.
11. Membuat simpulan.
12. Membuat abstrak dan rangkuman/sinopsis.
13. Memanfaatkan pengolah kata secara efektif.

Kewajiban Mahasiswa

Dalam menempuh pekuliahan ini, mahasiswa wajib
1. Hadir dalam pertemuan di kelas. Setiap kelalaian hadir akan menyebabkan dikuranginya 10 angka dari skor “Partisipasi”. Kelalaian hadir lebih dari 4 kali akan menyebabkan skor “0” untuk “Partisipasi.”
2. Menjadi anggota forum diskusi di www.groups.yahoo.com/groups/Jatinangor bagik dengan cara mengunjungi situsnya maupun dengan mengirim email ke Jatinangor-subscribe@yahoogroups.com. Kelalaian menjadi anggota akan menyebabkan skor “0” untuk “Partisipasi.”
3. Berpartisipasi dalam diskusi di kelas maupun di forum diskusi siber dengan cara mengajukan pertanyaan, masukan, ataupun tanggapan. Penilaian atas mutu partisipasi tersebut akan tampak di skor “Partisipasi.”
4. Membawa semua materi tercetak yang diberikan ke setiap kali pertemuan.
5. Menyerahkan gagasan awal penelitian secara tertulis yang setidaknya mencakup topik dan karya yang hendak dibahas sebagai Tes 1 serta mengunggahnya ke www.groups.yahoo.com/groups/Jatinangor serta menerbitkannya di laman elektronik pribadi mahasiswa.
6. Menyerahkan draf awal Bab I (terutama 1.2 Identifikasi Masalah, 1.3 Tujuan, dan 1.5 Kerangka Pemikiran) dan Bab II Tinjauan Pustaka sebagai Tes 2.
7. Menyerahkan draf Usulan Penelitian sampai Bab III dan draf sebuah artikel ilmiah sebagai pekerjaan Tes 3, yang mencakup Bab I Pendahuluan, sebagian besar Bab II Tinjauan Pustaka, dan draf awal Bab III Obyek dan Metode yang terdiri atas sepertiga dari gambaran karya-karya yang akan dibahas serta rancangan langkah metodis.
8. Menyerahkan draf awal Bab I Pendahuluan yang mencakup 1.1 Latar Belakang Masalah, 1.2 Identifikasi Masalah, 1.3 Tujuan Penelitian, 1.4 Kegunaan Penelitian. 1.5 Kerangka Pemikiran, dan 1.6 Metodologi Penelitian, dan draf awal Bab IV Pembahasan yang berisi contoh pembahasan atas setidaknya satu karya. Draf Bab I dan Bab IV ini disajikan dalam bentuk satu makalah utuh yang akan dinilai sebagai Tes 3.
9. Menyerahkan draf Usulan Penelitian dari Bab I hingga Bab IV Pembahasan (yang berupa perpaduan dari revisi atas naskah yang telah diserahkan sebagai Tes 2 dan Tes 3) termasuk Daftar Pustaka dan draf awal Abstrak dan Abtsract (yang tidak mencakup pernyataan tentang simpulan atau temuan) yang disajikan sebagai Usulan Penelitian. Naskah Usulan Penelitian dinilai sebagai Ujian Akhir Semester

Sistem Penilaian

Nilai Akhir (NA) akan ditentukan berdasarkan kriteria dan bobot berikut.

Partisipasi
Tes 1 : 10%
Tes 2 : 15%
Tes 3 : 20%
Usulan Penelitian : 30%
Presentasi : 15%
Nilai Partisipasi akan dilaporkan ke PAcIS sebagai “Presensi” (10%), Tes 1 dan 2 sebagai “Quiz” (25%), Tes 3 sebagai “UTS” (20%), dan Presentasi dalam Seminar Usulan Judul Skripsi (SUJS) sebagai “Tugas” (15%) dan Naskah Usulan Penelitian “UAS” (30%).

NA kemudian dikonversi menjadi Huruf Mutu dengan kisaran berikut.

A : 80 – 100
B : 68 – 79
C : 56 – 67
D : 45 – 55
E : 0 – 44

Jadwal Pekuliahan

Perkuliahan akan diusahakan mengikuti Jadwal berikut.

Februari 21
Pendahuluan: Silabus, SOP Penulisan dan Proses Pembimbingan Skripsi, Struktur Skripsi
Merancang sebuah penelitian di bidang kajian sastra-budaya.

Februari 28
Tes 1: Membuat thesis statement yang representatif bagi argumen utama, menentukan kerangka teoritis umum bagi argumentasi tersebut, menentukan alur logis topik dan subtopik argumentasi, dan menentukan teks-teks yang akan dijadikan objek penelitian
Menggambarkan situasi dan kondisi yang terkait dengan satu permasalahan dalam bidang kajian sastra-budaya; menjabarkan kerangka teoretis umum bagi argumentasi; merancang kerangka teoretis umum menjadi 1.5 Kerangka Pemikiran, outline bagi Bab II Tinjauan Pustaka
Mengidentifikasi pokok-pokok masalah sesuai dengan kerangka teoretis tertentu
Menentukan tujuan penelitian sesuai dengan identifikasi masalah.
Menjabarkan pokok-pokok masalah tersebut menjadi konten Bab II

Maret 7
Memanfaatkan ketrampilan penelitian (menentukan keyword, menemukan rujukan di perpustakaan dan internet) sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Menggunakan format penulisan termasuk dokumentasi rujukan yang lazim dalam kajian sastra-budaya (seperti penggunaan catatan kaki dan catatan akhir, penulisan daftar pustaka, pengutipan, dan parafrase).
Pengertian dan cakupan plagiarisme

Maret 14
Mentransformasi teori-teori yang berlaku mejadi metodologi, dan menerapkan metedologi tersebut dalam analisis objek penelitian: Pengertian Teori, Metodologi, dan Metode
Memetakan teori-teori kajian sastra-budaya yang berlaku dan konteks historis (lingkung sosial, politik, ekonomi, dan budaya) yang berkaitan dengan objek penelitian.

Maret 21
Membuat gambaran umum karya terutama ringkasan sesuai dengan kebutuhan penelitian: publication information, summary, etc.

Maret 28
Tes 3 dikumpulkan.
Menganalisis karya sastra: mempresentasikan sampel pembahasan dengan menyajikan pembahasan atas satu topik khusus tertentu dengan menyertakan penggunaan kerangka teoretis

April 4
Membuat simpulan.
Membuat abstrak dan rangkuman/synopsis sebagai pengembangan dari makalah yang sudah diserahkan sebagai Final Paper untuk MK Critical Theory

April 11-12
Seminar Judul Skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *